Thursday, October 5, 2017

Mencari Solusi dengan berMasterMind

Bunda apa sebelumnya sudah mendengar kata MasterMind? Atau sudah banyak yang mempraktekannya? Kata MasterMind sepertinya kata yang sangat asing, tapi sebenarnya sering bunda lakukan bersama keluarga walaupun masih sangat sederhana.

Apa itu MasterMind?
Mastermind dalam kamus kbbi, diartikan sebagai upaya perencanaan, penyusunan strategi dan proses membuat langkah strategi.

Mastermind sendiri merupakan sebuah konsep yang dipergunakan untuk berkumpulnya titik temu kemampuan memecahkan masalah dengan pemikiran beberapa orang yang sevisi, punya pandangan yang sama, dan bebas mencurah pendapat serta tidak ada figuritas didalamnya.

Kapan dilaksanakan MasterMind?

MasterMind dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Pelaksanaanya cukup sederhana. Kita diminta untuk membuat catatan aktivitas yang sudah dilakukan dan mengevaluasinya. Intinya bagaimana kita bisa mengevaluasi aktivitas yang terdahulu dan meningkatkan lagi kualitas diri sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan. Jika ini adalah MasterMind keluarga, maka ajaklah anak dan suami untuk berdiskusi tentang aktivitas yang akan dilakukan. Lakukan ini setiap minggu atau sesuai kebutuhan lalu evaluasi bersama. Hal ini mampu mempercepat persamaan suhu keluarga dam menciptakan bom dong family. Buatlah suasana sesantai mungkin agar tidak terkesan formal dan membosankan. Tantangan terberat saat kita melakukan MasterMind keluarga yakni kita dituntut untuk saling terbuka, melepaskan Blocking emosi, memberikan pendapat dan saling mengontrol.

Tujuan dari adanya MM keluarga ini adalah sebagai wadah mensupport, saling dukung antar anggota atas sebuah tantangan permasalahan yang sedang dihadapi, agar terbuka atas berbagi masukan yang konstruktif.



*ⓂasterⓂind* (dalam konteks Keluarga dan sebagai Ibu Profesional)
*Sharing - Kulwap di Grup Ibu Profesional Surabaya Raya 2*
Kamis 28 Sept 2017 - 13.00 wib Oleh Farda Semanggi
=====

Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia
ODOP BLOGER MUSLIMAH INDONESIA OKTOBER 2017

4 comments:

  1. Kita seangkatan berarti mba #yeayyy punya teman dg beberapa kegiatan

    ReplyDelete
  2. Kita seangkatan berarti mba #yeayyy punya teman dg beberapa kegiatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kita kan satu kelas di IIP 😍. Boleh dong dikrisan 😊☺

      Delete
    2. Betul mbak, kita kan satu kelas di IIP 😍. Boleh dong dikrisan 😊☺

      Delete