Saturday, December 2, 2017

(Day3) Tantangan Melatih Kemandirian Anak Kuliah Bunsay IIP



Hari ini Mas Daffa jalan-jalan ke kebun binatang surabaya yey....  
Akhirnya setelah sekian lama hanya bisa janji sama Mas Daffa ke kebun binatang,  hari ini bisa terwujud. Belum juga kita masuk, Mas Daffa sudah sangat antusias melihat gambar-gambar hewan. Dia mulai menyebut satu persatu nama hewan yang dia lihat di setiap dinding. 

Setelah membeli tiket dan masuk, sepertinya Mas Daffa masih belum sadar sepenuhnya kalau hewan-hewan itu asli.  Mungkin dia masih mengira itu gambar-gambar yang dia lihat di buku dan hp. Tapi setelah masuk ke tempat flaminggo dia berlari dan mendekatinya,  tangannya menunjuk ke arah kandang flamingo sambil menyebutnya berkali kali. 
"nda nda amigo (bunda,  bunda ada flaminggo)" tangannya tak henti menunjuk. 




Aduh,,,  kenapa jadi bahas keseruan Mas Daffa di Kebun Binatang Surabaya hehehe.   Kembali pada poin kemandirian makan,  Alhamdulillah sampai hari ketiga Mas Daffa mulai konsisten makan dengan posisi duduk tanpa disuapi tapi bukan berarti tanpa harus diingatkan. Sedangkan konsistensi untuk berdoa dan makan dengan tangan kanan masih dalam proses.  Gak papa na,k, kita berproses bersama ya,.

Ditantangan ketiga ini ada yang error bukan dari mAs Daffa tapi dari bundanya.  Menjaga konsistensi itu ternyata tidak mudah apalagi jika dalam keadaan injury time.  Sering kali orang dewasalah yang suka melanggar.  Seperti kejadian tadi pagi, karena buru-buru mau ke kebun binatang akhirnya Mas Daffa yang awalnya makan sendiri malah disuapin sama bunda karena udah kesiangan.  Apalagi tadi dia menolak makan nasi, mungkin karena sudah minum susu sebelumnya. 



Begitu juga saat makan siang,  karena melihat dia belepotan saat makan di luar jadilah sang bunda bantu nyuapin.  Padahal dia udah mau makan sendiri awalnya.  Hadeh...  Sepertinya yang harus latihan itu bundanya. 



Untuk makan malam alhamdulillah bisa diatasi.  Walau dia sempat menolak makan nasi, tapi bunda punya trik khusus membuat dia mau makan nasi.  Awalnya sendoknya diberi nasi dulu jadi Mas Daffa tinggal nyendok dan makan.  Tapi lama kelamaan gak mempan juga,  akhirnya nyoba bikin bola-bola nasi.  Nasinya dibentuk bola kecil-kecil terus didalmnya di kasi ikan.  Sambil praktek main bola (mulut sebagai gawang)  akhirnya sukses juga sampek selesai.

Yang menjadi catatan di hari ini adalah
1. Bundanya harus latihan sabar dan konsisten
2. Minum susu setelah makan
3. Harus punya stok ide 


#Day3
Nm Mbk km
#Level2
#tantangan10hari
#Melatih Kemandirian Anak
#kuliahbunsayIIpsurabaya

No comments:

Post a Comment