Sunday, December 3, 2017

(Day4) Tantangan Melatih Kemandirian Anak Kuliah Bunsay IIP

Tantangan hari keempat Mas Daffa semakin gak selera makan.  Beberapa kali saat sarapan dan makan siang piringnya hanya diliatin aja.  Beberapa kali juga bunda mengingatkan dan mencoba mengulang trik semalam (membuat bola-bola nasi) tapi. Sepertinya hari ini dia lagi gak selera makan. Padahal lauknya udang,  ikan favoritnya. Apa sekarang dia sudah bosan? Hem,  sepertinya harus rotasi lagi menu makanannya.

Bundanya yang mulai gak sabar melihat dia hanya bengong di depan piringnya akhirnya menyerah 😢. Padahal nasinya udah di bentuk singa. Mulailah Mas Daffa disuapin lagi dan ajaib dia mau buka mulut,  padahal tadi kayak gak ada selera makan sama sekali.  Aduh,  apa dia tau kalau bundanya mulai lengah 😓.



Saat makan malam mencoba pakai menu baru yakni ikan lele. Alhamdulillah mulai ada nafsu makan.  Tapi lagi-lagi bundanya yang udah ngelanggar sendiri.  Karena khawatir kena tulang ikan akhirnya Mas Daffa disuapin lagi 🙈. Kayaknya bener nih,  bundanya harus lebih ekstra konsisten saat melatih kemandirian anak.

Sambil menjalankan kemandirian makan, tak ada salahnya sambil melatih kemandirian yang lain. Kali ini saya mengambil skill membersihkan mainannya sendiri. Awalnya saya berpikir sah sah aja saat Mas Daffa berantakin mainannya,. Toh,  masih anak-anak.  Semakin ke sini,  saya merasa risih,  "apa iya kita harus memaklumi semua kelakuannya.  Walau itu hakl negatif? " akhirnya saat materi melatih kemandirian sudah selesai di baca. Akhirnya membereskan mainan menjadi salah satu skill yang akan saya latih kemandiriannya.


#Day4
#Tantangan10hari
#gamelevel2
#kuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian

No comments:

Post a Comment