Saturday, March 24, 2018

Ciptakan Ruang, Ambillah Peran!

Bismillah,  kali ini sudah mencapai tugas kedua dari Ruang Berkarya Ibu.

Tugas materi kedua:

Setelah mengidentifikasi 7 Bakat Dominan Diri dari 34 Tema Bakat dan 6 Peran Dominan dari ST30, maka *tantangan berikutnya* ialah:

🔖Buatlah "ruang" untuk 7 Bakat Dominan Diri dari 34Tema Bakat dalam kehidupan sehari-hari,  berkeluarga, ataupun berkomunitas

7 bakat dominan saya sesuai dengan Pandu 45:
  • Belief (Suka melayani dan mendahulukan orang lain) 
-  Memberikan ruang dengan memutuskan menjadi ibu rumah tangga setelah hampir empat tahun menjadi wanita karir.  Mendahulukan di sini lebih cenderung pada keluarga khususnya Suami dan Anak.  
  • Developer ( Senang memajukan orang lain) 
- Memberikan ruang dengan mendedikasikan diri menjadi Home Educator dan ada rencana untuk membuka kelas mengaji untuk anak berkebutuhan khusus. 
  • Empathy (bisa merasakan perasaan orang lain) 
- Memberikan ruang dengan menjadi pendengar yang baik sebagai basic saya yang sarjana psikologi.  Salah satu caranya dengan mau mendengarkan beberapa masalah orang tua yang memepercayai saya menyelesaikannya.  Biasanya masalah yang sering orang tua tanyakan yakni tentang perenting skill.  
  • Harmony (tidak menyukai konflik) 
- Memberikan ruang dengan menghindari konflik baik dengan orang kain atau pasangan.  Biasanya jika ada suatu hal yang "memicu" konflik dalan rumah tangga saya akan diam terlebih dahulu.  Lalu jika keadaan sudah membaik, maka saya jelaskan bagian yang menjadi akar permasalahan.  Begitu juga yang saya lakukan dengan masyarakat. 
  • Learner (suka belajar hal baru) 
- Saat ini saya memberikan ruang dengan belajar hal baru,  yakni belajar literasi.  Caranya dengan mengikuti beberapa training kepenulisan dan berkumpul dengan komunitasnya.  
  • Maximizer (perfectionist dalam hasil) 
- Saya adalah orang yang berusaha memberikan sesuatu yang terbaik buat orang lain.  Apalagi jika itu berhubungan dengan produk yang saya hasilkan.  Salah satunya saat ini saya membuka usaha baru di bidang kuliner, lebih tepatnya catering.  Saya selalu berusaha untuk memebrikan masakan yang fresh sebagai bentuk perfectionist saya dalam hasil. 


  • Responsibility (pemegang teguh janji) 
- Memberikan ruang dengan selalu menepati janji.  Jika ada pesanan jam setegah empat, maka saya usahakan menyelesaikannya sebelum jam tersebut. Begitu juga jika ada kajian, maka saya usahakan berangkat lebih awal. 

🔖Buatlah "ruang" untuk 6 Peran Dominan dari ST30 dalam kehidupan sehari-hari,  berkeluarga,  ataupun berkomunitas.


  • Caretaker
- Maka ruang yang diberikan pada diri adalah menjadi pengajar/guru ngaji bagi anak berkebutuhan khusus (Rencana))
  • Communicator
- Maka ruang yang diberikan pada diri adalah mengambil peran menjadi pengurus PKK di komplek perumahan.  Menjadi penyambung lidah dari ketua kepada masyarakat.
  • Creator
- Maka ruang yang diberikan pada diri adalah menjadi penulis. Penulis di sini saya lebih mengarah pada bloging.  
  • Educator
- Maka ruang yang diberikan pada diri sebagai Educator sama dengan ruang yang ada pada Caretaker.  Menjadi pengajar bagi anak berkebutuhan khusus. 
  • Mediator
- Maka ruang yang diberikan pada diri adalah menjadi penengah jika terjadi masalah dikeluarga. 
  • Quality Controler
- Maka ruang yang diberikan pada diri adalah memberikan mutu dan kualitas terbaik bagi usaha saya. 


Dari bakat dan peran yang sudah saya uraikan di atas sangat terlihat jika saling berhubungan. Maka untuk merumuskan semuanya menjadi suatu aktivitas yang sesuai maka saya kelompokkan menjadi beberapa bagian.  

Pertama adalah 4 bakat dan 2 peran yang saling berhubungan yakni Belief,  Developer,  Empathy,  Learner,  Caretaker dan Educator. Dari kelima item tersebut saya memberikan ruang untuk menjadi seorang pengajar anak berkebutuhan khusus.  

Kedua adalah Harmony, Communication, Creator, Learner dan Mediator saya mencoba mengambil peran menjadi seorang penulis. 

Ketiga adalah Quality Controler, Responsibility dan Maximizer saya mengambil peran menjadi seorang pengusaha makanan yang mementingkan kualitas.  Dan saya lebih cenderung fokus pada kualitas produk. 


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriDua
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

No comments:

Post a Comment