Saturday, March 17, 2018

Menemukan Bakat Dan Peran Unik Pada Diri


Bismillahhirrohmannirrohim... 

Tulisan kali ini adalah tugas pertama dari Raung Berkarya Ibu setelah materi Webinar tentang Talents Mapping bersama Abah Rama.

Video materi bisa dilihat disini: Kuliah Umum Talents Mapping With Abah Rama

Dari materi di atas kita disadarkan untuk kembali melihat lebih dalam pada diri sendiri dan menentukan peran unik apakah yang Allah berikan pada kita. Menemukan "Jalan" yang tepat sehingga bisa berperan dengan hebat.

Baiklah hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengidentifikasi 7 bakat dominan agar lebih memudahkan kami memutuskan fitur unik. 7 bakat dominan ini di ambil dari Pandu 45 yang diprakarsai oleh founder IIP,  Ibu Septi Peni Wulandari dan Pak Dodik W.

Selengkapnya tentang Pandu 45 bisa dilihat di sini: ebook Pandu 45

7 bakat dominan saya sesuai dengan Pandu 45:
  1. Belief
  2. Developer
  3. Empathy
  4. Harmony
  5. Learner
  6. Maximizer
  7. Responsibility
Kalau dilihat dari 7 bakat dominan,  maka peta bakat saya menjadi: 
Influencing : 2
Relating      : 3
Stiriving      : 1
Thinking     : 1

Maka dari sini bisa dilihat bahwa saya adalah orang yang suka bertemu dengan orang untuk bekerja sama dan berharap saya bisa memengaruhi.

Setelah mengidentifikasi bakat melalui Pandu 45, kali ini mengidentifikas 6 peran dominan yang bisa dilihat di www.temubakat.com.  Langkah awal yang saya lakukan adalah melakukan test sesuai instruksi. Tapi sebelum saya melihat hasil dari ST30, saya lakukan dengan manual.  Setelah membaca saya berikan cheklist bakat yang sesuai dengan keadaan saya.  Dan saya sangat terkejut saat melihat hasil st30 yang saya laiukan otomatis dan manual hasilnya sama, yakni:
  1. Caretaker
  2. Communicator
  3. Creator
  4. Educator
  5. Mediator
  6. Quality Controler
  7. Server
Melihat kombinasi dari 7 peran dominan saya sangat terlihat bahwa peran saya banyak mengarah pada Guru dan Perawat. Yakni suka melayani, suka berbagi, suka belajar dan perfectionis menentukan hasil. 

Setelah melakukan identifikasi dari Pandu 45 dan Talents Mapping saya akan merumuskannya menjadi 4 kuadran agar lebih spesifik dan melihat dibagian manakah saya merasa Enjoy,  Easy,  Excellent & Earn.


Kuadran 1 : Home Educator dan terapis anak berkebutuhan khusus.
Kuadran 2 : memasak dan menyanyi.
Kuadran 3 : Menulis atau jurnalism.
Kuadran 4 : Marketing atau sales.

Mengapa saya memilih Terapis pada kuadran pertama (bakat)  karena beberapa orang di sekitar saya termasuk suami,  mentor,  teman dan beberapa wali murid banyak mengatakan saya cocok berada di posisi ini.  Selain itu saya juga merasa nyaman dan puas jika apa yang saya lakukan berhasil.  Dan ini sangat sesuai dengan hasil indentifikasi di atas. Tapi saya menemukan hambatan dalam mengembangkan potensi ini.  Selama  dua tahun berkecimbung di dunia terapis terrkadang ada rasa bosan dan waktu yang belum memadai untuk saat ini.  Maka dari itu saya alihkan ke home educator. dengan kombinasi kekuatan yang hampir sama tapi dengan waktu yang bisa dikondisikan.

Kuadran kedua adalah memasak.  Saya suka,  saya belajar dan saya dimudahkan belajar dengan skill memasak.  Tapi belum bisa di katagorikan Earn.  Makanya saya letakkan di kuadran dua.  Bisa jadi jika saya terus mengasah dan memperbaiki kualitas maka memasak bisa jadi beralih ke kuadran pertama.

Sedangkan menulis saya letakkan di kuadran ketiga.  Saya merasa mampu,  mudah untuk mempelajari dan produktif dengan terbitnya bebebrapa buku antologi,  tapi saya tidak enjoy. Apakah jika saya sudah mememukan motivasi dalam menulis,  skill menulis bisa menjadi enjoy (karena termotivasi)  akan beralih ke kuadran 1? Entahnlah...


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriSatu
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu







1 comment:

  1. Terimakasih sudah diizinkan membacanya. Dan terimakasih sudsh menginspirasi Liefa. 😍

    ReplyDelete