Monday, March 5, 2018

Menumbuhkan Minat Membaca Sejak Dini (Day2)


Hari kedua masih fokus sama menumbuhkan minat membaca Mas Daffa.  Mumpung lagi di kampung, Mas Daffa ikut nimbrung sekolah dulu biar tambah pinter dan tambah temen.  By the way hari ini tiba-tiba jadi guru TK dadakan.  Ternyata bukan pemyanyi dangdut aja yang dadakan, jadi guru juga dadakan 😂😅😂😅. Guru yang saat ini bertugas sedang kurang enak badan.  Karena pas Mas Daffa bawa buku cerita dan minta diceritain,  maka jadilah bercerita di depan kelas sama teman-teman yang lain.  Judul buku hari ini adalah "Semut Dan Kepompong". Oh iya,  kebetulan gurunya adalah tante Mas Daffa sendiri jadi jangan heran ya, kenapa bisa mengambil alih tugas.  Hehehe

Mas Daffadan teman-temannya sangat antusias sekali. Mereka memperhatikan dengan seksama. Untuk mempermudah gaya belajar visual merwka dan menguatkan imaginasi saya bercerita sambil menunjukkan buku kehadapan mereka.  Padahal baru kali ini bacanya.  Alhasil masih sering nengok tulisan di bukunya.

 Sambil mendengarkan cerita, saya memasukkan pelajaran berhitung sekalian.  Biasanya anak-anak lebih suka kalau bercerita sambil belajar berhitung.  Kali ini belajar menghitung jumlah kepompong.  Di dalam buku ada gambar kepompong yang bergelantungan,  jadi sekalian saja sambil berhitung.

Ayo,  siapa yang tahu berapa jumlah kepompong di sini?  Yuk sambil dihitung kepompongnya 

Mas Daffa sangat senang,  terlihat sekali saat matanya berbinar dan sesekali menirukan gaya saya saat bercerita.  Apalagi kalau banyak temannya,  dia tambah semangat. Buku ini bercerita tentang kesombongan semut pada kepompong. Di akhir cerita saya tidak sempat memberikan pesan dari buku tersebut.  Muridnya sudah terlanjur kabur karena denger bel istirahat 😂. Padahal itu poin utama dalam bercerita, ya sudahlah kapan-kapan kalau mau bercerita lagi bisa di sampaikan lebih awal sebelum bel berbunyi. 

#Day2
#tantangan10hari
#gamelevel5
#Kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment