Monday, March 5, 2018

Menumbuhkan Minat Membaca Sejak Dini (Day1)




Hari ini bebikinan pohon literasi. Pohon literasi adalah pohon yang digunakan untuk menempel judul buku yang sudah dibaca. Sebenarnya ada banyak macam-macam pohon literasi.  Salah satunya dengan menempel kertas berbentuk pohon atau hewan di dinding. Bisa juga dengan menggambar langsunh di dinding.  Berhubung saya masih nomaden jadi lebih mudah pakai pohon literasi kayak di foto.  Kebetulan ada ranting pohon yang kering terus dipoles dengan kapas. Jadilah seperti dibawah ini :

Sebelum

Sesudah

Proses pembuatannya sih lebih banyak saya, mas daffa kebagian "kruwel-kruwel" kapas terua kasikan ke bundanya.  Gak papa lah hitung-hitung latihan motorik halus.   Oh iya dulu saya pernah share beberapa stimulasi motorik halus tentang penggunaan tangan kiri alhamdulillah sekarang Mas Daffa sudah lebih dominan tangan kanan. Cara paling ampuh memang harus sering diingatkan. 

Baca juga: Stimulasi motorik halus Mas Daffa

Judul buku hari ini adalah "Nyamuk Yang Menakjubkan". Kebetulan sekali sebelum project game level 5 muncul,  mas daffa sudah beli empat buku bacaan.  Pas banget. Dari keempat bukunya inilah yang paling favorit karena banyak gambar hewannya 😁. 

Tahap membaca Mas Daffa berada di antara tahap pembentukan konsep  diri membaca dan tahap membaca gambar.  Pada tahap pembentukan konsep diri membaca dapat dilihat dari dia suka membolak-balikkan buku seperti sedang membaca,  memasukkan bukunya dalam tas dan membawanya kemana-mana.  Bahkan beberapa kali terlihat "membaca" sendiri. Sedangkan tahap membaca gambar sangat terlihat dari buku yang sering dia bawa.  Buku yang lebih banyak gambar binatangnya.  Menunjuk huruf yang dia kenal.  Semntara ini hanya bisa huruf A.  Memang saya agak terlambat mengenalkannya buku.  Baru di usia hampir satu tahun baru dikenalkan. Maaf ya, nak.  😢




#Day1
#gamelevel5
#Kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment