Saturday, February 24, 2018

Masih Tentang Gaya Belajar Dominan




Setelah mengerjakan tantangan 10 hari kuliah bunda sayang iip,  ternyata banyak sekali stimulasi yang belum saya lakukan secara maksimal.  jadi,  selama ini saya beramsumsi bahwa gaya belajar Mas Daffa adalah tipe visual. Padahal jika bisa dimaksimalkan mungkin tipe kinestetik akan lebih banyak menonjol dari kedua tipe yang lain.  Walau pada dasarnya di usianya menjelang  tiga tahun belum cukup untuk memastikan gaya belajarnya. Karena anak di usia kurang dari tiga tahun panca indranya masih brlum maksimal.  Bisa jadi gaya kinestetik yang dia lakukan sekarang karena memang energinya yang besar.  Atau gaya auditori yang muncul karena motorik halusnya belim sempurna.  Maka dari itu kenapa anak usia di bawah tiga tahun belum bisa dipastikan gaya belajarnya.

Dari diskusi grup WA ada yang mengatakan bahwa tidak seharusnya orang tua memetakan gaya belajar anak karena hal tersebut akan menjadi limiting belief.  Artinya orang tua malah beranggapan jika anaknya akan tidak belajar jika tidak menggunakan stimulasi dengan gaya belajar dominan.  Padahal itu kurang benar,  karena semua anak akan belajar dengan berbagai stimulasi.

Saya yang awam di dunia parenting jadi semakin bingung.  Akankah akan melanjutkan mencari gaya belajar dominan ataukah mengalir saja tanpa harus ada pengamatan?

Setelah mencari refensi dan merenung cie....  Merenung hahahaha akhirnya saya memastikan untuk terus mencari gaya belajar yang paling mudah buat Mas Daffa.  Tujuannya apa???  Untuk melihat dia lebih dalam lagi,  melihat kemampuan yang paling menonjol tapi tetap tidak menutup munculnya kemungkinan yang lain. Selain itu juga untuk mengenal gaya komunikasinya lebih cenderung apa?

Baca juga : 4 Gaya Komunikasi Yang Jarang diketahui!

Dengan begitu saja jadi paham jika kelak dia remaja, bagaimana cara masuk di dunianya.  Apalagi untuk anak cowok yang susah-susah gampang hehehe terkadang kalau saya terlalu ikut campur di usia remajanya malah tidak membuat dia mandiri. Tapi kalau sama sekali tidak ikut andil kok rasanya belum pas melepasnya.  Makanya,  susah-susah gampang kan?  Hehehe

#AliranRasa
#Gamelevel4
#GayabelajarAnak
#KuliahBunsayIIP


No comments:

Post a Comment