Saturday, February 10, 2018

Belajar Gaya Belajar Anak (Day6)


Jujur sampai saat ini saya belum bisa melepaskan mas daffa dari gadget.  Beberapa permainan yang sudah dilaksanakan ternyata tidak membuat dia "lupa" pada alat canggih ini. Permainan-permainan itu hanya sukses membuat dia teralihkan dalam waktu tertentu, bukan lupa! Jadilah saya muter otak untuk mencari pembenaran hehehe

Pembenaran pertama saya ambil dari makalah Sayyidina Ali yang artinya kurang lebih begini
Didiklah anakmu sesuai zamannya. Karena mereka hidup di zamannya bukan zamanmu
Kedua adalah pemaparan dari tokoh parenting, Munif Chatib di suara muslim surabaya tentang menangani kecanduan gadget pada anak tanggal 17 desember 2017.  Beliau mengatakan bahwa penggunaan gadget itu boleh asal di buatkan frame time agar tidak berlebihan. Gadget hanyalah alat bantu, jika anak tidak pakai gadget sama sekali dikhawatirkan mereka akan ketinggalan manfaat yang di tawarkan gadget.

Dari dua pemaparan di atas itulah kenapa saya tidak benar-benat gadgetless parenting. Apalagi zaman sekarang serba digital,  kalau saya sama sekali tidak mengenalkannya berayi saya tidak mendidiknya sesuai zamannya. Tapi yang jadi PR besar buat saya adalah membuat frime time yang tepat,  soalnya sering kebablas heehee

Tema hari ini adalah menirukan gaya karena beberapa hari terakhir ini mas daffa menunjukkan ketertarikan dengan menirukan gaya alias berjoget suka-suka. Berawal dari nyanyian upin-ipin dan berlanjut pada semua musik yang dia suka.

Karena mas daffa sudah "canggih" mencari icon yout tube dan memutarnya sendiri. Jadi saya hanya melihatnya dari depan. Setelah menemukan yang pas mulailah dia beraksi.  Goyang kanan goyang kiri hahaha. 

Sampai  saat ini terlihat gaya belajar visual masih menjadi gaya belajar dominan.  Tapi saya tidak mau terlalu dini mengambil keputusan karena usianya masih 2,5 tahun.  Masih banyak waktu untuk terus mengobservasi dan menstimulus setiap indaranya

#harike6
#tantangan10hari
#gamelvel4
#Gayabelajaranak
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment