Tuesday, February 13, 2018

Belajar Gaya Belajar Anak (day9)


Kalau kita mau jeli, begitu banyak gaya belajar yang bisa digunakan dalam mengajarkan satu konsep, salah satunya belajar berhitung. Belajar berhitung bisa dengan auditory yakni demgan bernyanyi atau berhitung manual.  Bisa juga dengan visual dwngan menggambar atau melalaui media digital seperti yang kemarin saya dan Mas Daffa lakukan.  Kali ini mencoba belajar berhitung dengan gaya kinestetik.

Belajar berhitung dengan gaya kinestetik kali ini dengan bantuan kancing.  Mas Daffa berhitung sambil menyusun kancing. Setelah disusun mencoba dihitung lagi agar lebih paham.  Tapi sepertinya ini masih terlalu sulit bagi dia untuk memahami konsep angka.  Biasanya dia hanya bisa berhitung secara berurutan.  Belum juga selesai berhitungnya dia sudah pergi duluan,  padahal biasanya dia suka sekali dengan mainan baru.

Betul sekali pendapat Montessorian.  Permainan yang tidak akan bertahan lama jika permainan itu terlalu mudah atau terlalu sulit.  Memang sih,  mengajarkannya berhitung bukan menjadi fokus utama di usianya yang ke 2y,  6m. Belajar berhitung hanya sebagai pengenalan saja,  dan tugas saya memberikannya metode yanh sesuai dengan usianya.

#harike9
#tantangan10hari
#gamelevel4
#gayabelajaranak
#kuliahbunsayiip


No comments:

Post a Comment