Friday, February 9, 2018

Belajar Gaya Belajar Anak (Day3)



Pagi,  Bunda....
Gaya belajar hari ini seputar balon. Yey.. Mulai dari belajar meniup,  lempar tangkap sampai main sepak balon hehehe

Awalnya permainan balon ini nggak sengaja dan bukan bagian dari perencanaan. Tadi pagi saya dan mas  daffa ke toko buat beli jajan. Eh,  ternyata mas daffa malah memilih balon. Ya sudahlah sekalian mau lihat apa yang akan dia pelajari dari sebuah balon.

Setelah sampai di rumah,  mas daffa minta ayahnya meniup balon.  Sambil melihat cara meniup, dia juga menirukan dengan balon yang berbeda.  Sepertinya dia sedang belajar dengan gaya kolaborasi visual dan kinestetik. Dia melihat bagaimana cara meniup dan mempraktekkannya. Karena dia belum cukup kuat  meniup sendiri akhirnya minta saya untuk meniupkan.

Setelah semuanya ditiup, maka dimulailah perhelatan perbalonan #halah bahasa apa ini hehehe. Semua permainan ini murni inisiatif dia sendiri, salah satunya permainan lempar tangkap balon. Saya duduk di depannya sejauh setengah meter. Setelah instruksi lempar dia lempar balonnya,  kalau saya intruksi tangkap dia masih mengitung dulu sampai sepuluh baru tangannya bersiap menangkap balon. Permainan ini berhasil terlaksana dalam waktu lama dan tidak terdistrak dengan gadget 😍

Permainan kedua sepak balon. Permainan ini sama seperti sepak bola, hanya saja bolanya diganti balon, makanya dikasi nama sepak balon hehehe. Kalau yang ini dia main sendirian,  saya cuma lihat dari jauh. Setelah permainan sepak balon ada lagi yang lebih ekstrim! Duduk di atad balon (yang ini saya nggak sempat foto saking takut balonnya meletus).

Oh iya,  salah satu manfaat meniup balon adalah menguatkan motorik oral. Ini sangat berguna untuk melatih artikulasi mas daffa yang belum jelas, serta melatih kekuatan suara agar lebih nyaring.

#hari_ke3
#tantangan10hari
#gamelevel4
#BelajarGayaBelajar
#KuliahBunSayIIP

No comments:

Post a Comment