Friday, February 2, 2018

Belajar Gaya Belajar Anak (Day2)



Hari ini saya mencoba memberikan stimulus gaya belajar kinestetik dengan ban motor dan naik sepeda. Sebelum menjelaskan secara rinci bagaimana proses belajar sambil bermain saya dan mas daffa, yuk lihat berikut ini adalah ciri-ciri pembelajar kinstetik sesuai dengan materi yang di sampaikan di WAG bunda sayang#3
  1. Berbicara perlahan
  2. Penampilan rapi
  3. Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
  4. Belajar melalui memanipulasi dan praktek
  5. Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
  6. Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
  7. Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
  8. Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
  9. Menyukai permainan yang menyibukkan
  10. Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
  11. Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi.
Indikator yang ingin saya lihat dari game ini  (dan yang akan datang)  adalah seberapa lama dia bertahan (fokus) dalam satu permainan,  seberapa berbinar matanya ketika saya mengajaknya bermain, seberapa mudah dia memahami dan enjoy serta yang terakhir bisa enggak permainan itu mengalihkannya dari gadget. 

Pertama kami bermian ban motor, inisiatif permainan ini muncul dari dia sendiri. Dia gelindingkan bannya beberapa kali. Di depan, ayahnya mencoba menagkap dan menggelindingkannya lagi ke arah mas daffa.  Setelah itu saya coba arahkan dia untuk memasukkan ban ke  galon. Itung-itung sambil melatih fokusnya hehe


Setelah bosan denga memasukkan ban,  dia beralih pada sepeda. Saat ini mas daffa belum bisa naik sepeda roda 3. Tidak hanya itu,  dia juga belum bisa naik ke sepedanya sendiri. Tak apalah,  lain waktu pasti akan lebih berani lagi. Setelah naik,  mas daffa minta bundanya dorong hahaha bolehlah sambil olahraga.  Sambil mengelilingi teras dalam rumah,  dia mencoba menyebutkan beberapa huruf yang dia lihat di dinding sambil tangannya menunjuk ke arah huruf tadi. 



Karena waktu sudah menunjukkan angka 22.15 WIB sudah waktunya mas daffa bobok. Alhamdulillah sekian dulu belajar gaya belajar sama mas  daffa.

Oh iya dari stimulus tadi, gaya belajar kinestetiknya terlihat dari
1. Menunjuk ketika membaca
2. Bertahan lama saat bermain yang menggerakkan anggota badan
3. Tidak teralihkan oleh gadget

#Harike2
#tantangan10hari
#gamelevel4
#gayabelajaranak

No comments:

Post a Comment