Tuesday, March 6, 2018

Menumbuhkan minat membaca sejak dini (Day3)



Masih dengan buku terbitan yang sama,  Daffa Media dengan judul "Kisah Binatang Dalam AlQuran - Unta). Awalnya saya kira buku ini sama seperti buku cerita anak pada umumnya. Bercerita tentang binatang yang saling berinteraksi.  Buku ini berbeda,  di dalam menjelaskan tentang bagaimana Unta diciptakan sangan sempurna dan sesuai dengan kondisinya.  Alhasil saya belum selesai membaca Mas Daffa sudah ngacir aja 😂

Mungkin dia merasa kurang antusia karena saya membacanya juga dengan datar. Selain itu,  dia juga kurang familiar dengan unta.  Pas ke Kebun Binatang juga belum ketemu unta.  Apalagi ada beberapa istilah yang belum pernah dengar,  seperti punuk unta, oase dan lemak.


Kisah Bintang Dalam Al-Quran ini menjelaskan tentang kehidupan Unta di padang pasir. Jenis bulunya yang tahan terhadap panas dan dingin yang ekstrim.  Punuknya yang mampu menanggung berat serta lemak yang bisa membuatnya bertahan tidak makan dan minum dalam beberapa hari.  Buku ini tidak ada dialog hanya informasi saja.

Tahapan membaca Mas Daffa saat ini masih pada tahapan yang sama. Yakni Tahapan pembentukan konsep diri membaca dan tahap membaca gambar. Hal ini terlihat dari dia suka menunjuk gambar dalam buku dan sesekali menyebutkan angka dan huruf yang ada di dalam gambar. Tapi sampai saat ini huruf yang dia ketahui hanya huruf A.  Tak papalah,  sambil terus belajar dan terus berkembang.

Karena saya sudah tahu tahapannya saat ini, jadi tugas saya terus menstimulasi dia agar minat membacanya terus meningkat.  Mungkin juga sudah waktunya mengenalkan alfabet.  Selama ini saya hanya merasa khawatir kalau waktunya belum tepat.  Namun setelah ada materi dan tantangan dari IIP saya jadi yakin apa yang harus saya lakukan.  Terima kasih Institut Ibu Profesional 😍

#Day3
#tantangan10hari
#Gamelevel5
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment