Friday, April 13, 2018

I Love Math (Day 1)

Pagi,  Bunda.  Mengawali tantangan hari pertama level 6 kali ini,  saya menggunakan bebikinan yang satu ini.  Bahannya dari kain flanel yang dibentuk pot dan berisi angka dan beberapa kancing.  Mas Daffa suka menyebutnya es cream angka hehehe.  Sebenarnya project ini ingin saya pakai untuk mengenalkan konsep angka.

Cara bermainnya,  saya letakkan beberapa kancing (misal 2) di atas papan yang tersedia.  Setelah itu,  saya meminta Mas Daffa menghitung dan mencari angka yang sesuai, lalu meletakkannya ke dalam pot.  Begitu juga sebaliknya,  saya mengambil angka dan memasukkannya ke dalam pot dan meminta Mas Daffa meletakkan kancing yang sesuai dengan angka tadi. Tapi sepertinya ini masih terlalu susah bagi dia,  soalnya baru saja main saya sudah ditinggal ngacir.  😂😂😂

Ternyata benar,  Menurut teori montessory jika anak kurang atensi pada suatu project berarti project itu terlalu susah atau terlalu mudah. Mungkin perlu cara yang lebih "halus" lagi untuk mengajarkan konsep angka ini. Kalau untuk menghitung berurutan dia sudah bisa bahkan dengan selain bahasa indonesia. Hanya saja saya berharap dia lebih mengenal angka secara konsep bukan tulisan yang berurutan. Walaupun konsep angka ini bukanlah yang prioritas untuk diajarkan tapi tidak ada salahnya juga dikenalkan. Toh,  ini juga sebagai pre request skill sebelum dia benar-benar belajar matematika di sekolah.

Dilihat dari respon dia mengenal konsep angka maka untuk tantangan berikutnya yang ingin saya kenalkan adalah:
1. Preposisi
2. Geometri
3. Panjang-pendek
4. Besar-kecil
5. Tinggi rendah
6. Berat-ringan.
Semoga semua ini memudahkan dia mencintai matematika dan tidak memaksanya agar suka.  Biarlah pelan-pelan dan mengenalkan matematika yang lebih konkrit terlebih dahulu. 😍😘


#day1
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment