Sunday, April 29, 2018

Yuk, Mencetak Generasi Millenial Cerdas dengan Drone Parenting


Pagi, Bunda.
Bunda, tahu nggak?  Ternyata munculnya generasi milenial enggak serta merta ada begitu saja, lho, Bun. Ada peran bunda yang membentuk generasi kids era digital ini.  Salah satunya adalah gaya parenting.

Dulu kita dikenalkan dengan helicopter parenting yakni sikap orang tua yang selalu ada di sekitar anak dan siap membantu jika kesulitan. Tapi, akhir-akhir ini helicopter parenting mulai banyak ditinggalkan lho, bun. Alasannya sih karena anak cenderung menjadi pribadi manja dan tidak percaya diri.

Seorang Psikolog, Vera Itabiliana mengungkapkan bahwa orang tua zaman now sudah meninggalkan helicopter parenting dan mulai beralih ke drone parenting. Sebenarnya, istilah drone muncul dari perkembangan tekhnologi yang artinya adalah pesawat tanpa awak. Jadi, drone parenting adalah pola asuh yang mengedepankan keterbukaan. Anak-anak dilepas saja, orang tua hanya mengontrol dari jauh.

Gaya parenting ini lebih cenderung menyukai kegiatan yang tidak terstruktur. Kecanggihan tekhnologi mencari ciri utamanya. Sehingga orang tua lebih suka mengeksplor anak-anaknya beraktivitas,  begitu juga dengan penggunaan gadget. Bahkan, mereka juga mengajarkan huruf,  angka dan warna menggunakan gadget. Oleh karena itu,  anak-anak akan melek tekhnologi.

Namun, ada yang perlu diperhatikan saat kita menjalani pola asuh ini, Bunda. Kita harus bisa menyeimbangkan ritme antara tekhnologi dan bermain di alam terbuka. Jangan biarkan mereka menggunakan gadget secara berlebihan, karena akan berdampak pada tumbuh kembangnya. Salah satu cara agar semua bisa berjalan seimbang adalah dengan frame time.

Apa itu frame time?
Frame time adalah bingkai waktu atau batas waktu anak menggunakan gadget. Walaupun gadget bisa memberikan manfaat, tapi tetap harus dibatasi. Selengkapnya tentang frame time akan saya bahas di lain waktu ya,  Bunda.

Semoga bermanfaat,  yuk menjadi bunda millenial yang cerdas. Agar anak kita tumbuh menjadi generasi millenial yang bermanfaat.

Sumber : https://www.cantika.com/read/1079415/ibu-zaman-now-terapkan-metode-drone-parenting-ada-plus-minusnya

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/11/196/1885275/mengenal-drone-parenting-pola-asuh-ibu-milenial-yang-bikin-anak-lebih-ekspresif#lastread

No comments:

Post a Comment