Friday, April 13, 2018

I Love Math (Day 9)

Sepertinya ada yang punya teman baru hihihi Tadi pagi Mas Daffa lagi main diluar.  Ternyata sudah banyak anak kecil di sana. Akhirnya Mas Daffa ikut nimbrung deh.  Dasar anak-anak, enggak usah kenalan dulu langsung aja nyamber hehe Setelah bosan dan kepanasan akhirnya saya ajak masuk aja main di dalam rumah. Sekalian biar Mas Daffa bisa main bersama.

Sambil melihat mereka bermain, saya sambil beres-beres rumah. Akhirnya mainan bentuk geometri. Saya hampir lupa kalau Mas Daffa punya berbagai bentuk geometri. Mumpung lagi ada temennya, sekalian saja main bersama biar tambah seru.

Sebenarnya Mas Daffa sudah bisa nama-nama bentuk geometri, setelah ditanya satu-satu pola saya meminta dia menyamakan bentuk dari besar ke kecil. Karena kartunya hanya ada satu perpola,  maka saya gambar di atas papan dwngan ukuran yang lebih kecil.  Setelah itu baru Mas Daffa dan temennya diminta untuk menyamakan polanya. Lumayan, mereka bisa bermain cukup lama.

Aktivitas ini sering saya lakukan dulu,  bahkan sehari bisa lima kali. Biasanya saat terapi ABA kami menyebutnya matching kartu dari Besar ke Kecil.  Salah satu fungsi dari matching ini untuk tingkatanAs Daffa adalah menguatkan lagi pola yang sudah diketahui.  Kalau ukuran yang besar dan kecil itu namanya sama.  Tapi saat terapi dulu,  mataching digunakan sebagai sarana pengenalan (pre request skill) sebelum masuk pada tahapan identifikasi. Mungkin bagi anak yang terdeteksi slow lerner bisa dipraktekkan juga agar mempermudah proses belajar.

Alhamdulillah ada beberapa ilmu yang masih bisa dipraktekkan walaupun sudah tidak menjadi terapis lagi. Tantangan kali ini berjalan dengan lancar,  dia bisa menyebutkan dan menyamakan dengan baik.

Sehat selalu ya,  nak. Semoga jadi anak sholeh yang cerdas.  Amin...

#day9
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment