Thursday, November 30, 2017

(Day1) Tantangan Melatih Kemandirian Anak Kuliah Bunda Sayang IIP

Hai bunda,  tantangan kali ini adalah melatih kemandirian anak. Sebulan ini kami dibatasi untuk melatih maksimal 4 skill.  Maka dari itu saya mencoba melatih skill 1. Membersihkan mainan secara mandiri 2.Makan sendiri 3. Buang sampah ke dalam tempat sampah dan yang tetakhir adalah toilet training.

Skill yang akan saya latih pertama kali adalah makan secara mandiri.  Target pencapaian yakni:
1. Makan sendiri tanpa disuapin
2. Duduk
3. Menggunakan tangan kanan
4. Tidak makan lebih dari 30 menit
5. Berdoa sebelum dan sesudah makan

Namun,  sebelum mencapai target pencapaian,  saya akan memecah terlebih dahulu menjadi pencapaian target sederhana seperti di atas.  Hal ini berharap bisa memudahkan Mas Daffa melatih kemandiriannya.

Hari pertama target saya adalah Mas Daffa bisa makan dengan posisi duduk tanpa di suapi. Dan Alhamdulillah berjalan dengan baik di 3 trial (setiap hari makan 3x,  berarti dalam sehari ada 3 trial yakni sarapan,  makan siang dan makan malam).

Hal pertama yang saya lakukan adalah menggomunikasikan kepada seluruh penghuni rumah bahwa mulai hari ini Mas Daffa makan sendiri,  jadi gak boleh ada yang suapin. karena kami hanya berempat Ayah,  Bunda,  Tante dan Mas Daffa jadi dalam berkomunikasi serta membuat kesepakatan diberikan kemudahan.

Kedua menyiapkan makanan kesukaan Mas Daffa setiap hari.  Salah satu menu kesukaannya adalah ayam, udang dann kepiting. Alhamdulillah saat inj sudah bergabung di rumbel boga IIP surabaya.  Jadi insyaAllah masalah kedua bisa diatasi.

Ketiga menyiapkan seluruh properti.  Hal ini berkaitan dengan piring,  sendok dan gelas yang lucu dan sesuai ukurannya. berharap Mas Daffa bisa lebih bersemangat.

Day 1, Trial 3




Day 1, Trial 1


#Day1
#Tantangan10Hari
#level2
#MelatihKemandirian
#kuliahBunsayIIPSurabaya

No comments:

Post a Comment