Sunday, January 7, 2018

(Day3) Aku Bisa! Tantangan Kuliah Bunda Sayang IIP


Setelah 2 kali melatih tentang kecerdasan intelektual, hari ke3 saya ingin melatih kecerdasan emosional. Ya,  karena selama ini bisa dikatakan saya terlalu fokus pada kecerdasan intelktual dan sedikit sekali mengajarkan tentang kecerdasan emosional dan spiritual.  Awalnya saya menganggap bahwa kedua kecerdasan tersebut akan tumbuh seiring dengan bertambahnya usia,  apalagi kebiasan "mondok" yang sudah menjadi tradisi dikeluarga saya akan memunculkan kedua kecerdasan tersebut secara otomatis. Tapi ternyata saya salah,  kecerdasan emosional dan spiritual ternyata harus sudah selesai di usia 6 tahun. Agar tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter dan berakhlakul karimah.  Menurut Psikolog Roslina Veraul,  Orang tua harus lebih dulu memahami usia anak mulai peka tentang emosional.
Anak mulai lebih peka tentang emosional diri dan sekitar di momen usia dua sampai tiga tahun,
Saat ini Mas Daffa berusia 2,5 tahun, jadi saya rasa ini adalah waktu yang pas untuk mengajarinya macam-macam emosi. Ya,  tahap awal mengajarkan kecerdasan emosional adalah mengajarkan apa saja bentuk emosi lalu seiring waktu mulai mengenalkan solusi.  Seperti yang hari ini saya latih tentang kecerdasan emosional Keberanian alias menaklukkan rasa takut.  Mas Daffa adalalah tipe anak yang tidak mudah memulai hal baru. Jembatan goyang yang dia naiki adalah hal baru baginya. Awalnya dia dengan berani naik tangga dan mulai meniti sedikit demi sedikit. Tapi, saat jembatannya mulai bergoyang sangat terlihat kepanikan di wajahnya sampai-sampai dia duduk dan ingin turun dari atas jembatan. Nah,  disaat inilah saya berdiri dan memberikannya semangat.
Ayo, Mas.  mas Daffa pasti bisa! Bunda tunggu di sini ya,
Saya terus saja menyemangatinya sambil berdiri di ujung titian. Dia sempat menangis dan terus saja berusaha turun, saya terus menyemangatinya sampai dia kembali berdiri dan meniti lagi. Akhirnya sampai juga dia di ujung jembatan. Yey....  Dan saya tidak lupa memberikannya appresiasi dengan pelukan dan ciuman...
Hore!!!  Mas Daffa hebat, Mas Daffa berani!

#hari_ke3
#game_level3
#KuliahBunSayIIP3
#AkuBisa


No comments:

Post a Comment