Saturday, January 13, 2018

(Day5) Aku Bisa! Tantangan Kuliah Bunda Sayang IIP



Hai bunda,,,
Kali ini ingin banget mengkonsistenkan berdoa untuk Mas Daffa sebelum dan sesudah makan. Sekalian melatih kecerdasan spiritualnya. Lalu Apa sih kecerdasan spiritual itu? Dilansir dari materi IIP melatih kecerdasan emosi dan spiritual pada Rabu, 3 Januari 2018 Kecerdasan spiritual berhubungan dengan perlindungan dan pengembangan jiwa, yang dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford didefinisikan sebagai “identitas moral dan emosional” serta intensitas dari “energi intelektual dan emosional”.

Seorang pakar spiritual mendefinisikan kecerdasan spiritual sebagai kemampuan menggunakan spiritualisme sebagai cara untuk mencapai tujuan dan memecahkan masalah.

*Menurutnya kecerdasan spiritual terdiri dari empat kemampuan berikut:*

✅ Mampu mengendalikan tubuh dan benda di sekitar.
✅ Mampu mengambil manfaat dan makna dari pengalaman sehari-hari.
✅ Mampu memanfaatkan sumber daya spiritual untuk memecahkan masalah.
✅ Berbudi luhur.

Tiap orang punya cara berbeda untuk mencapai kecerdasan spiritual, salah satunya dengan berdoa. Maka dari itu,  pengenalan kecerdasan spiritual masih dan sangat bisa jika dikenalkan pada anak pra latih.  Walaupun kamampuannya belum sampai pada bepikir abstrak, kecerdasan spiritual bisa diajarkan melalui aktifitas sehari-hari seperti berdoa. Bisa jadi dia belum bisa memaknai apa maksud dari berdoa, tapi setidaknya kita kulai mengajarkannya sedikit demi sedikit. Setelah itu baru bisa dibacakan cerita tentang Sang Maha pencipta,  rasa syukur dan lain-lain yang berhubungan dengan spiritual.  Di bawah ini ada infografis dari IIP yang bisa dilihat apa saja kecerdasan spiritual itu.



Demikian cerita tentang kecerdasan spiritual hari ini. Bunda punya cerita apa tentang melatih kecerdasan spiritual. 

#hari_ke5
#game-level3
#kuliahbunsayiip
#AkuBisa

No comments:

Post a Comment