Saturday, January 6, 2018

Pantai Balekambang, Miniatur Tanah Lot Pulau Bali


Malang. Siapa sih yang gak kenal sama kota wisata satu ini? Kota yang terletak pada ketinggian antara 440 - 667 meter di atas permukaan laut ini, merupakan salah satu tujuan wisata Jawa Timur karena potensi alam yang dimilikinya. Gunung-gunung menjadi pemandangan yang memanjakan mata selama perjalanan ke kota wisata ini. Oleh karena itu, iklim di kota Malang ini selalu membuat semua orang ingin berlama-lama, yakni berkisar antara 22,7 derajat C-25,1 derajad C.

Kota Malang memiliki banyak sekali tempat wisata, mulai dari wisata alam yang murah meriah meriah sampai wisata edukasi yang lumayan merogoh gocek. Salah satu wisata yang murah meriah adalah Pantai Balekambang yang terletak di sebelah selatan kota malang, tepatnya di kecamatan Bantur, desa Srigonco.
Sebagai arek Malang yang sudah lebih 15 tahun melanglang buanana di kota dingin ini,  baru kali ini kami berniat mengunjungi pantai Belekambang. Sebenarnya tidak terlalu jauh jika kami berangkat dari rumah di Gondanglegi. Saya hanya perlu menempuh perjalanan Gondanglegi-Bantur-Srigonco-Pantai Balekambang. Tapi sayang, keinginan ke sana malah muncul setelah kami berdomisili di Sidoarjo. Jadi, rutenya jadi lebih panjang sekitar 3 jam. Memang dunia itu terkadang terbalik, kalau dekat enggak di kunjungi, kalau jauh malah pengen banget ke sana hehehe

Akses perjalanan ke sana sebenernya sudah bagus, sepanjang perjalanan ke pantai sudah teraspal mulus. Hanya saja di penghujung jalan ke pantai aspalnya sudah mengelupas. Dan yang paling bikin deg-degan itu saat sampai di jurang mayit, karena tanjakan dan tikungannya tajam. Jadi, bagi para pengunjung yang menggunakan motor harap berhati-hati apalagi saat musim hujan, jalanan menjadi licin. Tapi setelah melewati jurang mayit, kami disugi jalan dengan bukit-bukit nan indah seperti bukit teletubis.



Tarif masuk ke lokasi cukup murah, kita hanya perlu membayar 15.000/orang di tambah dengan biaya mobil sebesar 10.000/mobil dan biaya asuaransi lainnya. Setelah proses pembayaran karcis kami di arahkan untuk masuk ke area parkir. Nah, di sini kita harus tahu apa tujuan ke pantai Balekambang?  Jika untuk menikmati Pura Amarta Jati di  pulau Ismoyo yang menjadi magnet tersendiri di pantai Balekambang. Maka, kita harus ke arah barat atau sebaiknya tanya petugas di sana. Atau jika hanya ingin menikmati deburan ombak dan bermain di bibir pantai, bisa langsung ke parkiran sebelah kiri, karena di sana tidak terlalu banyak pengunjung. Jadi bisa lebih leluasa menikmati pasir putih dengan deburan ombaknya.




Pura Amarta Jati ini terletak di pulau Ismoyo yang berada di bibir pantai Balekambang sekitar 70 meter dan dihubungkan dengan jembatan. Pura ini masih aktif digunakan oleh umat hindu setiap perayaan nyepi. Dan pura inilah yang menjadi daya tarik di pantai balekambang. Sayangnya kemarin kami salah tekhnik. Kami parkir di area timur jadinya tidak bisa langsung menikmati panorama pulau Ismoyo.  Baru setelah puas bermain di pinggir pantai, kami bertanya pada petugas dimana letak puranya. Tapi sayang hujan sangat deras turun sehingga kami langsung putar arah untuk pulang. Yah, padahal niat utama ke sini ingin foto di Pura yang mirip banget sama tanah Lot di Bali. Bahkan banyak orang mengatakan pantai Balekambang adalah miniatur Tanah Lot, Bali. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya?


Oh iya, ada satu yang tidak bisa dipisahkan dari pantai Balekambang. Pantai yang termasuk gugusan pantai selatan ini pasti tidak terlepas dari cerita mistis dan mitos. Salah satunya adalah dilarang pakai baju merah kalau ke sana, takut di bawa Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan. Selain itu, mitosnya adalah air pantai selatan yang bisa bikin awet muda, jadi jangan heran jika banyak pengunjung yang berendam atau sekedar mengusap muka di sana. Dan yang paling terkenal adalah mitos tentang berakhirnya hubungan pasangan muda-mudi yang belum menikah. Walaupun terdengar tidak masuk akal,  sebaiknya kita menghargai segala peraturan yang ada di sana.

Tempat wisata apa yang paling berkesan di hati kalian?  Yuks share agar lebih banyak orang bisa menikmati wisata di daerahmu!
#GramediaHolidayseason



3 comments:

  1. wisata sekarang kudu dipasang tulisan ala-ala :D

    ReplyDelete
  2. Hi pren...
    Lagi blogwalking pagi ini...
    Lagi cari berita soal Bali, trs sampai kesini.
    :)
    Mantep postingannya, ditunggu artikel selanjutnya ya sob.
    Mampir balik kesini ya bro...

    ReplyDelete
  3. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 15 Maret 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    ReplyDelete